Elektronika, Pengetahuan

Penyearah Gelombang Penuh (Full Wave Rectifier)

Penyearah gelombang penuh ialah suatu rangkaian yang dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat mengubah sumber arus listrik dari AC menjadi DC. Rangkaian tersebut berupa rangkaian elektronika dengan komponen utama dioda. Dalam penyearah tegangan bolak-balik digunakan penyearah gelombang penuh dengan menggunakan dua diode atau empat buah diode. Keluaran penyearah gelombang penuh lebih baik bila dibandingkan dengan penyearah setengah gelombang.

Penyearah  gelombang penuh dapat dibuat dengan 2 macam yaitu, menggunakan 4 diode dan 2 diode. Penyearah gelombang penuh dengan menggunakan dua buah dioda hanya dapat berfungsi jika kita menggunakan transformator CT, dimana tegangan yang dihasilkan dari transformator ini adalah : V= tegangan primer, dan V= tegangan sekunder.

Untuk menjelaskan penyearah gelombang penuh dengan menggunakan 2 dioda, kita dapat memperhatikannya pada gambar berikut:

  • Penyearah gelombang dengan 2 diode menggunakan tranformator dengan CT (Center Tap).  Rangkaian penyearah gelombang penuh dengan 2 diode dapat dilihat pada gambar berikut :

3

Prinsip kerja rangkaian penyearah gelombang penuh dengan 2 dioda ini dapat bekerja karena menggunakan transformator dengan CT. Transformator dengan CT seperti pada gambar diatas dapat memberikan output tegangan AC pada kedua terminal output sekunder terhadap terminal CT dengan level tegangan yang berbeda fasa 180°. Pada saat terminal output transformator pada D1 memberikan sinyal puncak positif maka terminal output pada D2 memberikan sinyal puncak negatif, pada kondisi ini D1 pada posisi forward dan D2 pada posisi reverse. Sehingga sisi puncak positif dilewatkan melalui D1. Kemnudian pada saat terminal output transformator pada D1 memberikan sinyal puncak negatif  maka terminal output pada D2 memberikan sinyal puncak positif, pada kondisi ini D1 posisi reverse dan D2 pada posisi forward. Sehingga sinyal puncak positif dilewatkan melalui D2. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar output penyearah gelombang penuh berikut.

4

  • Untuk membuat penyearah gelombang penuh dengan 4 diode menggunakan transformator non-CT seperti terlihat pada gambar berikut :

1

 

Prinsip kerja dari penyearah gelombang penuh dengan 4 diode diatas dimulai pada saat output transformator memberikan level tegangan sisi positif, maka D1, D4 pada posisi forward bias dan D2, D3 pada posisi reverse bias sehingga level tegangan sisi puncak positif tersebut akan di leawatkan melalui D1 ke D4. Kemudian pada saat output transformator memberikan level tegangan sisi puncak negatif maka D2, D4 pada posisi forward bias dan D1, D2 pada posisi reverse bias sehingan level tegangan sisi negatif tersebut dialirkan melalui D2, D4. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada grafik output berikut.

2

Formulasi pada penyearah gelombang penuh sebagai berikut :

5

 

 

  • Penyearah Dilengkapi Filter Kapasitor :

Agar tegangan penyearahan gelombang AC lebih rata dan menjadi tegangan DC maka dipasang filter kapasitor pada bagian output rangkaian penyearah seperti terlihat pada gambar berikut :

6

Fungsi kapasitor pada rangkaian diatas untuk menekan riple yang terjadi dari proses penyearahan gelombang AC. Setelah dipasang filter kapasitor maka output dari rangkaian penyearah gelombang penuh ini akan menjadi tegangan DC (Direct Current) yang dpat diformulasikan sebagai berikut :

7

Kemudian untuk nilai riple tegangan yag ada dapat dirumuskan sebagai berikut :

8

About Devid

Always Try...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Happy eid mubarak :) Mohon maaf lahir batin 🙏🙏

%d bloggers like this: