Program C#

Membuat Game Tac Tic Toe Simpel Dengan Visual Studio C#

Assalamualaikum Wr.Wb.

Oke kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu yang saya pelajari, walaupun saya masih kurang paham, setidaknya masih bisa menyalurkan sedikit pengetahuan saya hehehe😀. Tac Tic Toe , adalah game yang sudah sering kita dengar, yaitu dimana kita harus melengkapi kotak 3×3 dengan simbol X atau O dengan cara vertical, horzontal, dan diagonal...bla…bla…bla……. gitu dah…

Disini saya akan membua 2 tingkat kesulitan, pertama yaitu easy ( sangat mudah dikalahkan ) dan Hard ( sangat sulit untuk dikalahkan)

I. Tujuan

• Meningkatkan kemampuan berpikir logis
• Mengetahui kegunaan PictureBox di SharpDevelop
• Dapat mengunakan PictureBox dalam aplikasi windows sederhana

II. Dasar Teori

Control PictureBox digunakan untuk menampilkan gambar dan memanipulasinya. PictureBox dapat menangani berbagai macam format file gambar. Dalam praktikum ini kita menggunakan PNG. Untuk mengisi PictureBox dengan gambar, kita tinggal load gambarnya dengan menge-klik Properties Image-nya. Kemudian sesuaikan ukuran Width dan Height nya sehingga gambar tidak terpotong.

1III. Praktikum

  • Buka Visual Studio, pilih New Project

1

  • Pilih Windows Forms Application, isikan nama projectnya, lalu OK.

2

  • Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Ket : di kotak merah = Form / media untuk membuat aplikasi.

di kotak kuning = tools yang berisikan perintah perintah seperti RadioButton, Group Box , dll.

di kotak biru = propertis / untuk mengedit nama, font, huruf, dll.

3

  • Susun PictureBox, CheckBox, GroupBox, dan Button. Lihat penampakan di bawah ini … lupikir Uji nyali pake ada penampakan segala :D  (keren kan :v)

2

 

  • Lalu kita masukkan programnya, caranya kita double-klick pada tiap-tiap PictureBox, Button, dan CheckBox.

Karna Programnya sangat panjang, saya akan kasih link downloadnya saja ya😀 ….

Download disini

  • Setelah selesai memasukkan Kodingan, lalu kita Run….maksudnya dijalankan ya, bukan larii… (-_-“) . Saat sudah muncul, kita tinggal pilih deh mau mode easy / hard atau Multiplayer jika ingin bermain dengan kawan, atau pacar anda😀, kalau gua sih pilihnya langsung yang hard lah, masak yg easy…….gaya bener -_-” hahahah😀, lagian kalau mau multiplayer mau main sama siapa coba, gua kan JOMBLOooooo T_T .

Nih gua lawan Hard…. Sumpah ini susah amat, gua aja jarang menang malah kadang kalah, padahal ini kan gua yang buat, masak gak bisa menangin jadi nyesel T_T…..

3

Oke sekian dari saya …. di bawah ini ada Video Tutorialnya , Terima Kasih….

” ARIGATOU “

About Devid

Always Try...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Archives

Happy eid mubarak :) Mohon maaf lahir batin 🙏🙏

